Translate

Selasa, 28 Juni 2011

Jalan Beton Mulus Di Tengah Hamparan Sawah




KSM BABAKAN SARI

BKM TATALI WARGI KEL.PASIR BIRU KEC. CIBIRU KOTA BANDUNG


 
Sarana transportasi berupa jalan yang menghubungkan batas wilayah kota Bandung dengan kabupaten  Bandung yang terletak di RT 02 dan RT 03  RW 08 Babakansari kelurahan Pasirbiru kecamatan Cibiru kota Bandung sangat diperlukan oleh warga masyarakat Kondisinya walaupun sudah ada yang di beton dan kirmir namun kondisinya sudah rusak dan sebagian besar masih jalan tanah.  
Hal ini tentu mengganggu aktivitas warga seperti anak-anak sekolah yang lewat apalagi kalau pada saat musim hujan, jalannnya licin dan mengganggu aktifitas anak yang akan pergi sekolah,karena pakaian dan sepatu yang mereka cepat kotor akibat jalan yang becek di saat hujan.
Melihat hal tersebut, warga masyarakat bersama pengurus RT/RW setempat mengajukan usulan untuk perbaikan jalan dengan kegiatan kirmir jalan dan rabat beton jalan dengan volume masing-masing yaitu 50 m³ dan 320 m. Berdasarkan hasil musyawarah warga akhirnya usulan ini ditindaklanjuti dengan pembentukan KSM dan penyusunan proposal,kemudian oleh BKM dimasukan dalam usulan kegiatan BLM PNPM MP  Tahap III Tahun Anggaran 2010.
Dana yang dibutuhkan untuk merealisasikan jalan sepanjang 320 m’ dan lebar 1,3 m’,kemudian untuk menstabilkan tanah bagian samping diperkuat dengan tanggul penahan tanah (Kirmir) dari pasangan batu tersebut membutuhkan dana sebesar Rp.40.325.000,-.Dana tersebut diambil dari Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) Rp.28.495.000,- dan dari Swadaya Masyarakat  Rp.11.830.000,-.
Pelaksanaan pembangunan jalan rabat beton dilakukan secara gotong royong oleh warga masyarakat RW.08 Kelurahan Pasirbiru.dan hasilnya begitu memuaskan,dikarenakan dilatarbelakangi dengan perencanaan yang matang dan berdasarkan hasil musyawarah warga.
Kini dengan adanya jalan rabat beton yang membentang mulus melintasi sawah warga masyarakat bisa menikmati manfaat jalan tersebut dan melancarkan segalan aktifitas kegiatan warga masyarakat terutama anak-anak sekolah yang dapat pergi menuntut ilmu ke sekolah tanpa harus berbecek ria dan pakaian,sepatu yang tetap bersih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar